Langsung ke konten utama

Tanggal Merah Bulan Maret 2020

Peringatan dan Tanggal Penting di Bulan Maret 2020- hari libur-tanggal merah-peristiwa penting yang diperingati

Tanggal merah Bulan Maret 2020 dan hari peringatan atau peristiwa yang diperingati di Bulan Maret, dapat Anda temukan informasinya di halaman ini.

Jika Anda sedang mencari informasi tentang peringatan dan tanggal penting di Bulan Maret tahun 2020, semoga tabel dibawah ini dapat membantu Anda.


Tanggal 
Peringatan dan Tanggal Penting, Maret 2020
1  Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949
1Hari Kehakiman Nasional
6Hari KOSTRAD (Komando Strategis Angkatan Darat)
8Hari Perempuan (Internasional)
9Hari Musik Nasional
10Hari Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI)
11Hari Surat Perintah 11 Maret (SUPERSEMAR)
13Hari Masyarakat Adat
15Hari Hak Konsumen Sedunia
17Hari Perawat Nasional
18Hari Arsitektur Indonesia
20Hari Kehutanan Sedunia (Internasional)
20Hari Dongeng Sedunia (Internasional)
21Hari Penghapusan Diskriminasi Rasial (Internasional)
21Hari Hutan Sedunia
21Hari Puisi Sedunia (Internasional)
21Hari Down Sindrom (Internasional)
22Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW
22Hari Air Sedunia (Internasional)
24Hari Tuberkulosis Sedunia (Internasional)
25Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942
30  MaretHari Film Indonesia

Di bulan Maret, terdapat banyak tanggal penting dan peristiwa yang diperingati, baik bersifat Nasional maupun Internasional. Tangal dan hari penting tersebut, ada diantaranya yang berstatus libur atau tanggal merah. 

Status libur dan tanggal merah tersebut mungkin dinantikan oleh kebanyakan siswa, mahasiswa, guru, dosen, karyawan, bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Karena, selain untuk beristirahat sejenak dari aktifitas harian, tanggal merah dan hari libur sering dijadikan ajang refreshing, liburan, piknik, atau sekedar berkumpul bersama teman, keluarga dan kerabat. Atau mungkin juga ada diantaranya yang mengisinya dengan kegiatan lain seperti menyalurkan hobi, berolah raga, berkebun, membersihkan kamar, wc, dapur, rumah dan pekerjaan rumah lainnya. Pokoknya, hari libur atau tanggal merah bisa diisi dengan kegiatan apapun selain aktifitas, tugas dan pekerjaan rutin harian. 

Tentu, yang diharapkan adalah jika yang berstatus tanggal merah Bulan Maret 2020 tersebut berada diluar hari Minggu. Lalu, bagaimana di Bulan maret, adakah yang bertepatan dengan hari Minggu?

Ya, di Bulan Maret ada satu peringatan atau tanggal penting yang berstatus libur/ tanggal merah yang bertepatan dengan Hari Minggu. Yaitu Peringatan Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW, yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2020. Biasanya, di daerah saya, setiap sekolah, pesantren, mesjid dan majlis pengajian di setiap kampung selalu memperingatinya dengan tabligh akbar. Dan terkadang, ada diantaranya yang mendatangkan muballigh-muballigh dari luar kampung. Parasmanan, nasi kuning, nasi TO atau nasi uduk biasanya menjadi ciri khas di setiap pengajian. Selain, tentunya, selalu ada cemilan dan kopi hitam yang disajikan dalam cangkir-cangkir.    

Ada satu tanggal merah yang berada diluar hari minggu. Yaitu tanggal 25 Maret, yang bertepatan dengan peringatan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942. Kata “nyepi” sendiri memiliki makna sepi, sunyi dimana pada perayaan tersebut umat Hindu diwajibkan untuk menyepi dan tidak melakukan aktifitas seperti biasanya. Biasanya, orang Bali merayakan Hari Raya Nyepi dengan mematikan lampu mereka dan tetap diam di dalam rumah.

Komentar

Postingan Terbaru