Langsung ke konten utama

Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia

Sejarah Singkat Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia

Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia atau dikenal juga sebagai International Day for the Eradication of Poverty diperingati setiap tanggal 17 Oktober. 

Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia-Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional-International Day for the Eradication of Poverty
Photo by namo deet from Pexels


Pada tahun 1992, PBB menetapkan tanggal 17 Oktober sebagai Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia. Selain itu, PBB juga mengundang semua negara untuk menjadikan satu hari ini untuk mempresentasikan dan mempromosikan, sebagaimana sesuai dalam konteks nasional dan kegiatan konkret yang berkaitan dengan untuk pengentasan kemiskinan.

Adalah sebuah gerakan yang diusung oleh politikus asal Prancis, Joseph Wresinski, yang berhasil menarik perhatian PBB. Joseph berhasil menarik sorotan dunia pada tanggal 17 Oktober 1987, dimana ia, yang merupakan seorang aktivis kemiskinan pada masa itu berhasil mengumpulkan lebih dari 100.000 massa sebagai bentuk penghormatan kepada korban kelaparan, kemiskinan, kekerasan, dan ancaman di Human Rights and Liberties Plaza di Trocadero, Paris. Mereka menyatakan bahwa kemiskinan adalah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan menegaskan perlu adanya tindakan bersatu untuk memastikan bahwa hak-hak tersebut perlu dihormati. 

Tema Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia tahun 2020

Berdasarkan laman resmi Department of Economic and Social Affairs (DESA), tema untuk Hari Pemberantaan Kemiskinan Sedunia 17 Oktober 2020 adalah “Bertindak bersama untuk mencapai keadilan sosial dan lingkungan untuk semua”. 

Komentar

Postingan Terbaru