Langsung ke konten utama

Hari Santri Nasional 22 Oktober - Bukti Cinta Pada Negeri

Hari Santri Nasional 22 Oktober sebagai bukti cinta pada Negeri. Itulah salah satu semangat dalam setiap peringatan Hari Santri yang tertuang dalam Lagu Hari Santri. Semangat tersebut sejatinya sebagai upaya meneruskan perjuangan Para Kiai dan Santri dalam melawan penjajah Belanda puluhan tahun silam. 

Seperti diulas dalam halaman idntimes, di masa penjajahan Belanda, pesantren dianggap sebagai wadah perusuh, pemberontak, dan orang-orang Islam ekstrem. Berbagai upaya dilakukan Belanda untuk menghancurkan pesantren. Tak sedikit dari santri KH Hasyim Asy’ari yang wafat karena menghalangi Belanda yang ingin menghancurkan pesantren dan mengancam membunuh KH Hasyim Asy’ari. 

KH. Hasyim Asy'ari bersama dengan Ulama se-Jawa dan Madura mengeluarkan fatwa bahwa hukum membela negara dan melawan penjajah adalah fardhu 'ain. Resolusi Jihad KH Hasyim Asy’ari beserta para ulama tanggal 22 Oktober 1945 itu mempunyai esensi bahwa berjuang mempertahankan kemerdekaan merupakan kewajiban agama.  

Presiden Joko Widodo menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional secara resmi pada 22 Oktober 2015. Tanggal tersebut ditetapkan untuk mengingat peran historis para santri dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga dengan dengan diperingatinya Hari Santri Nasional, semangat para santri terdahulu dapat terus terjaga dalam diri setiap santri sepanjang masa.  Semangat Hari Santri juga terwujud dalam alunan Mars Hari Santri yang biasa dan bisa kita nyanyikan untuk menyemangati dan memperingati Hari Santri Nasional. Berikut lirik lagu Hari Santri Nasional selengkapnya.

Lirik Lagu Hari Santri 

22 Oktober 45
Resolusi jihad panggilan jiwa
Santri dan ulama tetap setia
Berkorban pertahankan indonesia


Saat ini kita telah merdeka
Mari teruskan perjuangan ulama
Berperan aktif dengan dasar pancasila
Nusantara tanggung jawab kita


Reff:
Hari santri hari santri hari santri
Hari santri bukti cinta pada negeri
Ridho dan rahmat dari ilahi
Nkri harga mati


Ayo santri ayo santri ayo santri
Ayo ngaji dan patuh pada kyai
Jayalah bangsa, jaya negara
Jayalah pesantren kita


Mari bersiap kita berangkat
Ke pesantren dengan penuh semangat
Raih cita cita luruskan niat
Mengabdi tuk kemaslahatan umat 


Back to reff 
Jayalah bangsa negara 
Jayalah indonesia 
Jayalah indonesia


Lirik Lagu Hari Santri 


Lagu Hari Santri Nasional dan Lirik Spesial Versi Trailer Sang Kiai.


 Logo Hari Santri Nasional 2020

Logo Hari Santri Nasional 22 Oktober 2020

Semangat Hari Santri Nasional dari tahun ketahun memiliki tema yang berbeda-beda. Tema Hari Santri 22 Oktober tahun 2020 adalah "Santri Sehat, Indonesia Kuat." Tema ini sangat cocok mengingat situasi tahun 2020 ini, santri dan negara Indonesia tercinta sedang berjuang mengatasi wabah coronavirus atau covid-19. Dengan tema tersebut, santri diharapkan untuk terus berupaya menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan dalam menghadapi dan melawan virus corona ini. Sehingga santri dapat terus berperan dalam membantu Negara Indonesia mengatasi bencana global ini sebagai salah satu bentuk Bukti Cinta Pada Negeri.

Komentar

Postingan Terbaru