Langsung ke konten utama

Hari Penting Nasional dan Internasional di Bulan Oktober

Hari Penting Nasional dan Internasional di Bulan Oktober 

Jika anda bertanya, hari ini hari apa? di bulan ini ada peringatan apa saja? atau ingin mengetahui tanggal merah dan libur di bulan Oktober, mungkin nama-nama hari penting nasional dan internasional di Bulan Oktober berikut dapat menjawab rasa penasaran Anda. Selain itu, daftar berikut juga mencakup informasi tentang peristiwa yang diperingati; baik nasional maupun internasional, serta peringatan keagamaan, hari libur dan tanggal merah. 

1 Oktober
Hari Kesaktian Pancasila Hari Lansia Internasiona
Hari Vegetarian Sedunia (Internasional) 
2 Oktober 
Hari Batik Nasional dan Sedunia (Internasional) 
Hari Susu Nasional 

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati penetapan batik Indonesia sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi, pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pengakuan terhadap batik Indonesia, juga merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. Jadi, mari kita ikut berbangga dan menjaga warisan budaya kita. 

5 Oktober 
Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) 
Hari Guru Sedunia 

8 Oktober
Hari Tata Ruang Nasional 

10 Oktober
Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (Internasional) 

11 Oktober
Hari Anak Perempuan Internasional 

Hari Anak Perempuan Internasional dirayakan setiap 11 Oktober setiap tahunnya. Hari yang spesial ini ditetapkan UNICEF sebagai momen untuk menyebarkan kampanye demi menginspirasi anak-anak perempuan di seluruh dunia, termasuk menyuarakan masalah-masalah anak perempuan di seluruh dunia. 

14 Oktober
Hari Penglihatan Sedunia (Internasional) 

15 Oktober
Hari Hak Asasi Binatang (Internasional) 

16 Oktober 
Hari Pangan Sedunia (Internasional) 
Hari Parlemen Indonesia 

17 Oktober
Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional

Pada tahun 1992, PBB menetapkan tanggal 17 Oktober sebagai Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia. Adalah sebuah gerakan yang diusung oleh politikus asal Prancis, Joseph Wresinski, yang berhasil menarik perhatian PBB. Joseph berhasil menarik sorotan dunia pada tanggal 17 Oktober 1987, dimana ia, yang merupakan seorang aktivis kemiskinan pada masa itu berhasil mengumpulkan lebih dari 100.000 massa sebagai bentuk penghormatan kepada korban kelaparan, kemiskinan, kekerasan, dan ancaman di Human Rights and Liberties Plaza di Trocadero, Paris. Selengkapnya... 

20 Oktober
Hari Osteoporosis Sedunia (Internasional) 

Hari Osteoporosis Sedunia pertama kali diluncurkan pada tahun 1996 oleh United Kingdom’s National Osteoporosis Society dan selanjutnya diselenggarakan oleh International Osteoporosis Foundation. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pencegahan, diagnosis, dan pengobatan osteoporosis. 

22 Oktober
Hari Santri Nasional 

Tanggal ini ditetapkan mengingat peran historis para santri dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Presiden Joko Widodo menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional secara resmi pada 22 Oktober 2015. Selengkapnya... 

24 Oktober 
Hari Dokter Indonesia 
Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 

26 Oktober
Hari Interseks Internasional 

27 Oktober 
Hari Listrik Nasional 
Hari Penerbangan Nasional 

28 Oktober
Hari Sumpah Pemuda 

29 Oktober
Hari Stroke Sedunia 30 Oktober : Hari Keuangan

Kalender Indonesia 
Hari Penting Nasional dan Internasional di Bulan Oktober

Kalender Indonesia-2020-Bulan September-Indonesia-Lengkap-Dengan-Hari Libur Nasional-tanggal merah-peristiwa penting-peringatan
Kalender Bulan Oktober 2020
Untuk di bulan Oktober 2020, terdapat 2 tanggal merah diluar hari Minggu. Yaitu pada tanggal 22 Oktober yang diperingati sebagai Hari Santri dan tanggal 29 Oktober yang bertepatan dengan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Kalender Indonesia-2019-Bulan_oktober_Indonesia-Lengkap-Dengan-Hari Libur Nasional-tanggal merah-peristiwa penting-peringatan
Kalender Bulan Oktober 2019
Untuk di bulan Oktober 2020, terdapat 2 tanggal merah diluar hari Minggu. Yaitu pada tanggal 22 Oktober yang diperingati sebagai Hari Santri dan tanggal 29 Oktober yang bertepatan dengan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW. 



ika anda bertanya, hari ini peringatan apa? bulan ini ada peringatan apa saja? atau ingin mengetahui tanggal merah dan libur di bulan Oktober, mungkin nama-nama hari penting dan peringatan nasional dan internasional di bulan Oktober berikut dapat menjawab pertanyaan anda.
Kalender Bulan Oktober 2018
Untuk di bulan Oktober 2018, terdapat 1 tanggal merah diluar hari Minggu. Yaitu pada tanggal 22 Oktober yang diperingati sebagai Hari Santri.

Itulah daftar lengkap hari penting nasional dan internasional Bulan Oktober. Jika ada informasi yang kurang akurat atau terdapat perubahan, silahkan isi di kolom komentar.

Komentar

Postingan Terbaru